Istilah Penyebutan Kata-Kata di Dunia Blogger Untuk Pengetahuan Anda

Sering kali melihat ada seorang blogger menyebutkan sebua kata atau kalimat yang begitu asing seperti kata yang formal dan singkatan-singkatan kata, Dan begitu pula saya sering bolak balik google untuk mencari tau maksud dari ucapan kata/kalimat yang disebutkan para blogger.

Disini Komunitas Artikel Blogger akan mengupas mengenai istilah dalam penyebutan-penyebutan kata tersebut.

  • SEO (Search Engine Optimization)
  • BW (Blog Walking)
  • GA (Google Adsense)
  • Template
  • Blogging
  • Blogroll
  • Blogosphere
  • Blog Zombie
  • Blog Dummy
  • Duplicate Content
  • Traffic
  • Backlink
  • SERP  (Search Engine Results Page)
  • Keyword
  • URL
  • Header
  • Sidebar
  • Footer
  • Gadget
  • Favicon
  • CSS
  • XML
  • Niche Blog
  • Feedburner
  • Dofollow
  • Nofollow



Berikut penjelasan dari kata-kata diatas:

1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimizition) adalah kiat yang harus dilakukan setiap blogger untuk mempermudah tulisannya ditampilkan di mesin pencarian. Saya mengatakan Kiat, karena SEO memiliki banyak sekali tahap dan juga membutuhkan waktu didalam pengerjaannya (hal ini masih dalam kategori terkadang). Memang tidak semua artikel terlihat membutuhkan SEO, namun jika anda mengerti akan sulitnya bersaing untuk memperebutkan posisi atas Search Engine dengan saingan yang sangat banyak? Anda pasti akan paham apa yang saya maksudkan.

2. BW (Blog Walking)

BW (Blog Walking) merupakan kegiatan mengunjungi berbagai blog sesuai dengan minat dan kebutuhan. Kegiatan ini sering dilakukan oleh para blogger untuk memperbanyak pengetahuan dan wawasan seputar berbagai informasi terkini mulai dari informasi seputar teknologi, selebriti, games dan lainnya.
Melalui kegiatan blog walking pula, dapat terbentuk hubungan yang interaktif antar sesama blogger. Blogger yang mengunjungi blog lain dapat memberikan komentar atau saran pada kotak komentar yang disediakan. Selain itu blogger tersebut juga dapat mempromosikan blog nya dengan memasang link URL menuju ke blognya. Suatu bentuk simbiosis mutualisme yang baik antar para blogger.

3. GA (Google Adsense)

GA (Google Adsense) adalah Jaringan periklanan yang dilakukan secara online. Jaringan adsense yang terbesar dimiliki adalah Google Adsense. Jadi pada periklanan ini adversiter akan membayar google atas iklan mereka, dan google membayar para pengiklan seperti blogger karena menayangkan iklan gogle melalui jumlah kliknya. Adsense juga tidak hanya dilakukan oleh Google tetapi banyak lagi jasa periklanan online, misalnya di Indonesia adalah kliksaya.com, digitapromo.com dan sebagainya.

4. Template

Template merupakan dokumen atau file yang berisi informasi mengenai model atau tampilan yang biasanya digunakan sebagai referensi ketika membuat dokumen lainnya. Template yang baik adalah template yang menarik dan eye catching tanpa melupakan sisi ergonomis.
Seseorang yang ingin membuat blog atau website biasanya membutuhkan template sebagai referensi desain dan tampilan blog nya.
Saat itu terdapat banyak template blog yang bisa diunduh secara gratis sehingga mempermudah para blogger pemula dalam mendesain tampilan blog yang eye catching dan ergonomis.

5. Blogging

Blogging adalah suatu kegiatan yang dilakukan di dunia blog.

6. Blogroll

Nama lain dari BlogRoll adalah partner blog, blog teman, blog sahabat, atau apalah istilahnya (tentu saja setiap orang memiliki cara sendiri untuk membedakan). Namun yang pastinya, BlogRoll adalah konten yang berisikan kumpulan dari pada Link.

7. Blogosphere

Istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan blog.

8. Blog Zombie

Blog Zombie adalah blog yang sudah mati (atau di hapus). Namun, karena sifat dari pada Blog itu sendiri bisa dihidupkan (didaftarkan) kembali (setelah di hapus), maka disebutlah dengan sebutan Blog Zombie (Blog setengah Mati, haha).

9. Blog Dummy

Blog Dummy adalah Blog Zombie yang di manfaatkan sebagai blog penunjang traffik untuk Blog utama (atau apalah istilahnya).

10. Duplicate Content

Duplicate Content merupakan konten yang berisi hasil dari duplikasi pada suatu blog.

11. Traffic

Trafic merupakan suatu jumlah yang didapatkan dari para pengunjung/visitor pada suatu situs atau blog.

11. Blacklink

Backlink merupakan hyperlink yang tampil di blog atau situs lalin yang menaut ke halaman utama atau halaman lain pada suatu blog. Backlink penting terhadap mesin pencari seperti google, karena dengan banyaknya backlink yang mengarah pada suatus situs, maka semakin tinggilah kepercayaan google terhadap situs tersebut.Backlink merupakan hyperlink yang tampil di blog atau situs lalin yang menaut ke halaman utama atau halaman lain pada suatu blog. Backlink penting terhadap mesin pencari seperti google, karena dengan banyaknya backlink yang mengarah pada suatus situs, maka semakin tinggilah kepercayaan google terhadap situs tersebut.

12. SERP (Search Engine Results Page)

Dikatakan SERP jika sebuah halaman ditemukan sesuai dengan 10 hasil pencarian menggunakan kata kunci tertentu.

13. Keyword

Keyword adalah kata kunci yang digunakan untuk mencari data atau artikel yang dibutuhkan pada search engine Para blogger menggunakan ini sebagai hal yang penting untuk peningkatan SEO di mana setiap postingan blogger mencantumkan keyword yang populer.

14. URL

URL adalah kependekan dari Uniform Resource Locator. URL mencakup nama domain dari sebuah situs atau blog dan protokol yang digunakan. Contoh URL adalah https://www.google.com

15. Header

Header adalah bagian paling atas pada halaman blog. Ini biasa digunakan untuk menempatkan judul dan deskripsi blog atau logo blog.

16. Sidebar

Sidebar adalah kolom-kolom yang terdapat disisi blog. Biasanya digunakan untuk meletakkan Gadget/Widget tertentu.

17. Footer

Footer adalah bagian paling bawah pada halaman blog.

18. Gadget

Gadget adalah kumpulan elemen atau fitur-fitur yang sudah disediakan oleh pihak blogger.

19. Favicon

Favicon adalah singkatan dari "Favorite Icon", adalah sebuah ikon yang diasosiasikan dengan logo sebuah situs atau blog dan akan muncul pada bagian browser atau bagian bookmark. Favicon dimaksudkan untuk memudahkan mengidentifikasi sebuah situs atau blog.

20. CSS

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets yang merupakan bahasa yang dipergunakan untuk membuat tampilan halaman web menjadi menarik.
Kelebihan CSS adalah memungkinkan Anda untuk mengontrol tampilan halaman situs secara bersamaan dari lokasi yang sama (file CSS).

21. XML

XML merupakan singkatan dari eXtebsible Markup Language, adalah sebuah format teks sderhana yang diturunkan dari SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.

22. Niche BLog

Niche (Niche Blog) adalah topik yang dibahas oleh blogger. Dalam hal ini lebih kepada topik yang tersudut untuk seluruh artikel. Tentu saja, untuk memilah niche suatu blog, anda harus melihat secara keseluruhan  artikel yang dibahas dalam blog tersebut. Misalnya blog Ariefsigli. Blog ini adalah blog yang memiliki banyak Niche, mulai dari topik Blogger, komputer, internet, wisata dan bla bla bla... Pokoknya hampir semua topik diembat, haha.

23. Feedburner

Feedburner adalah ebuah perusahaan online milik Google yang menyediakan layanan RSS Feed. FeedBurner merupakan layanan gratis yang menyediakan RSS Feed dengan berbagai fitur menarik, dan memudahkan pemilik situs atau blog mengumpulkan data statistik RSS Feed situs atau blognya.

24. Dofollow


Dofollow (Dofollow link) adalah link yang akan dilakukan crawl (perayapan) oleh mesin perayapan search Engine (yang bertugas merayap di google search adalah google spider).

25. Nofollow

Nofollow (nofollow link) adalah link yang tidak akan dirayap oleh mesin crawl search engine.


10 komentar:

  1. kirain sama tuh blog zombie san blog dummy

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om berbeda, karena blog zombie hanya sebutan dari blog web yang telah di bangun kembali dan kmudian dimanfaat oleh blog dummy dalam peningkatan traffic di blog..

      Hapus
  2. kalo hyperlink apa yah gan ?

    BalasHapus
  3. thanks atas infonya, menjadi tambahan untuk membuat artikel baru.

    BalasHapus
  4. Silahkan mas, jika ingin mengopas artikel ini dimohon untuk mencantumkan sumber ^ - ^

    BalasHapus
  5. Blogosphere. Dapat istilah baru nih.

    BalasHapus
  6. Blogosphere. Dapat istilah baru nih.

    BalasHapus
  7. mantep ini buat seorang blogger seperti saya hha

    BalasHapus
  8. owh ternyata SERP itu pageone, saya kira sama dengan SEO gituu

    BalasHapus
  9. Infonya bagus untuk blogger pemula, lanjutkan gan ^_^

    BalasHapus