Tutorial cara membuat blog lengkap bersama memasang domain pribadi

Apa itu Blog?? Blog adalah bentuk applikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pegguna blog tersebut. Blog juga merupakan singkatan dari web blog.

Terus bagaimanakah cara untuk membuat blog?? Untuk membuat blog tidak lah begitu rumit karena ada banyak sekali referensi situs-situs yang menyediakan dalam bidang blog ini seperti Blogger.com, Wordpress.com Dll. Kali ini pada artikel yang saya tulis untuk Tutorial  cara membuat blog saya akan mendaftar di situs Blogger.com.

Simak ada beberapa langkah berikut ini:

  • Kunjungi situs blog Blogger.com.
  • Sign in / Sign up menggunakan email Gmail.
  • Kemudian Buat Blog Baru. Seperti gambar ini
  • Lengkapi isi blog seperti pada Judul blog, Alamat blog, Tema blog.
Saya beri contoh, untuk Judul blog bisa anda isi dengan "Blog Saya".
Pada Alamat blog saya isi dengan "komunitasartikelblogger.blogspot.com", Kemudian pilih salah satu tema untuk blog yang akan anda buat.

  • Setelah itu submit di Buat Blog


Sekarang anda telah memiliki sebuah blog baru yang nanti nya bisa anda isi artikel-artikel dan dipublikasikan ke dalam blog tersebut, untuk melihat keberhasilannya silahkan anda tulis Alamat blog anda kemudian tekan Enter pada browser baru.
Jika telah berhasil maka akan muncul Judul blog, Alamat blog, Tema blog, Artikel yang dipublikasikan. Anda juga bisa mengubah kembali sesuai dengan keinginan bahkan anda bisa mengganti Alamat blog yang sebelumnya "komunitasartikelblogger.blogspot.com" menjadi "akutampan.com" atau disebut juga dengan sebutan alamat web atau domain pribadi yang bisa anda dapatkan dengan cara membeli atau mendaftarkan kedalam situs penyedia domain. Sesuai pada judul artikel ini selain cara membuat blog saya juga akan memberitahukan tutorial memasang domain pribadi. Jika sobat belum memiliki domain pribadi Kebetulan saja saya mengetahui situs penyedia domain secara gratis selamat 1 tahun, dengan begitu bisa langsung merubah Alamat blog setelah anda membuat blog baru.

Simak ada beberapa langkah berikut ini:
  • Kunjungi situs penyedia domain Freenom.com.
  • Sign up atau register akun.
  • Kemudian Register New Domain.
  • Pilih nama domain yang anda inginkan.
  • Ubah masa aktif selama 1 tahun.
  • Isi data lengkap anda.
  • Setelah selesai submit OK. Dengan begini anda telah memiliki domain pribadi dengan masa aktif selama kurang lebih 1 tahun.
  • Setelah itu kembali ke blogger anda, dan pilih menu setting dan tuliskan nama Alamat blog yang barusan anda daftarkan seperti gambar dibawah ini.
  • Kemudian anda diminta untuk memasukan CNAME dan HOST yang ada pada blogger kedalam pengaturan setting di situs anda mendaftar domain tadi.
  • Kembali lagi kehalaman freenom.com dan submit Service My Domain lalu pilih Management Domain DNS.
  • Copy paste CNAME dan HOST pada blogger di sana, Seperti contoh pada gambar dibawah ini.
  • Jika telah selesai kembali pada halaman blogger dan pilih Submit. Jika ada kendala seperti error saat submit domain pribadi anda, tunggu saja hingga 3-5 menit dikarenakan pihak blogger belum selesai untuk mengatur DNS domain pribadi anda.

Mudah bukan membuat blog dan memasang domain pribadi anda di blog, begitulah tutorial membuat blog lengkap bersama memasang domain pribadi. Dengan begini artikel yang saya publikasikan akan segera berakhir saya rasa juga sudah cukup untuk menambahkan apapun karena saya yakin anda juga akan menikmati blog baru dan apalagi telah langsung bisa diakses melalui domain pribadi yang telah anda miliki. hehee hanya bercanda saja sobat.
Baiklah pada artikel ini saya akhiri sampai disini saja, jika masih banyak kendala atau langkah-langkah yang membuat anda bingung harap dimaklumi saja dan juga silahkan juga untuk menghubungi saya,karena saya juga akan senang untuk menanti respon yang ada dari anda.

Terima kasih telah mengikuti tutorial dari saya, dan menemani pada artikel saya kali ini hheee sampai bertemu kembali bersama artikel saya yang lainnya.

11 komentar:

  1. Makasih infonya om.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Tutor nya lengkap dan mudah untuk dilakukan, membuat blog pun jadi bisa dilakukan sendiri hehee terimakasih kang @Roni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa membantu, selamat untuk kang karding sudah mempunyai blog baru :)

      Hapus
  3. Sangat bermafaat, menambah wawasan.. (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, selamat mencoba kak Aufa Dwika.

      Hapus
  4. kalau saya sih. untuk mendapatkan akun adsense non hosted. bisa andalkan domain dari freenom :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betulkah om?? terima kasih om mau sharing, otw mencoba hehee

      Hapus
  5. makasih mas tutorialnya ane jadi punya blog sendiri dengan domain tld

    BalasHapus
  6. mantab nih hehe lengkap banget panduannya

    BalasHapus